4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO

4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO

Link building atau off-page SEO adalah faktor penentu peringkat website kita pada halaman hasil pencarian Google. Anda mungkin telah mengetahui mengapa link building itu penting dan siap untuk melakukannya. Namun sebelum memulainya, ada beberapa aturan dasar yang perlu diperhatikan. Jika dilakukan sembarangan, off-page SEO justru bisa menjatuhkan peringkat website kita. Bila itu terjadi, akan sulit untuk memperbaikinya. Artikel ini akan menjelaskan aturan dasar link building untuk SEO.

Tommy Griffith, SEO Project Manager di Airbnb, mengatakan bahwa ada 4 aturan yang tak boleh kita langgar saat melakukan link building. Dan ini lah 4 aturan dasar link building tersebut:

1. Dapatkan Link dari Website dengan Konten yang Baik dan Terpercaya

Aturan pertama adalah mendapatkan link dari konten atau website yang baik dan terpercaya. Seperti apa website yang terpercaya? Misalnya saja website besar seperti Wikipedia, website pemerintahan, atau juga website akademik milik universitas. Website atau blog seseorang yang memiliki konten original, banyak pembacanya, serta sering muncul di peringkat atas di Google juga bisa dikatakan website yang baik dan terpercaya. Biasanya website yang baik tercermin dari isinya, mereka memiliki artikel yang tertulis dengan baik. Usahakan agar kita mendapatkan link dari website seperti itu. Dan tentu saja, kontennya harus relevan dengan artikel website kita.

2. Hindari Link dari Website dengan Konten yang Buruk atau berisi SPAM

Pernahkah Anda melihat penawaran untuk submit URL website kita lalu otomatis akan mendapatkan link dari 100 website berbeda. Bila menemukannya, saya tidak menyarankan Anda untuk melakukannya. Mendapatkan link dari website dengan konten yang buruk atau SPAM hanya akan merugikan kita. Lagi pula, hampir semua mesin pencari hanya menyukai link building yang natural. Hindari juga link farming atau link spamming. Percayalah, algoritma mesin pencari sudah cukup pintar untuk mendeteksi link dengan kualitas buruk. Anda bisa membaca artikel dari Moz yang berjudul “17 Jenis Link Spam yang harus dihindari” sebagai referensi.

3. Berikan Link Hanya ke Website dengan Konten yang Baik dan Terpercaya

Link building tak hanya tentang mendapatkan link masuk ke website kita saja. Terkadang kita perlu menambahkan beberapa link keluar ke halaman website lain. Misalnya saat kita mengutip istilah tertentu dari suatu website. Ada baiknya jika kita menyertakan tautan ke website tersebut. Crawler mesin pencari juga menilai kualitas tulisan kita dari tautan keluar yang ada. Konten yang baik tentu akan memiliki sumber referensi yang baik pula kan?

4. Jangan Berikan Link ke Website dengan Konten yang Buruk dan Berisi SPAM

Terakhir, pastikan kita tidak memberikan tautan ke website yang kontennya buruk dan hanya berisi SPAM. Kita perlu teliti sebelum memberikan link ke suatu halaman website. Jika ternyata tautan yang kita berikan tersebut mengarah ke website yang buruk, maka konten artikel kita bukan tak mungkin dianggap buruk. Jangan sekali-kali mempromosikan website yang buruk di melalui website kita.

Itulah 4 aturan dasar link building untuk keperluan SEO. Walau terkesan sederhana, namun pada praktiknya kita sering melupakannya. Dengan mengingatnya, kita akan bisa melakukan link building dengan benar.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang