4 Kekurangan SEO yang Perlu Anda Ketahui

4 kekurangan seo bagi bisnis Anda

Pernahkah Anda bertanya, apa kekurangan SEO atau Search Engine Optimization? Jika Anda belum menemukan jawabannya silahkan lanjutkan membaca artikel ini, karena di sini saya akan membahas kelemahan SEO. Anda tentu telah banyak mengetahui apa saja manfaat SEO untuk website Anda. Namun jangan menutup mata juga bahwa penerapannya tidak lah mudah. Setidaknya ada 4 kekurangan SEO yang perlu Anda ketahui.

SEO Membutuhkan Waktu yang Panjang

Konten yang baik adalah inti dari SEO. Sayangnya membuat konten yang luar biasa bukan lah hal mudah, terlebih lagi membutuhkan waktu yang lama. Menerapkan SEO yang sebenarnya tidak sesederhana membubuhkan kata kunci pada konten atau meta tag website Anda. SEO yang sukses dimulai dari perencanaan yang baik, kemampuan copywriting yang baik, hingga pengukuran hasil yang baik pula. Dan melakukan itu semua membutuhkan waktu yang panjang. Selain itu, dibutuhkan pula komitmen jangka panjang dan berkelanjutan untuk menjaga agar SEO tetap berjalan.

SEO Memerlukan Kemampuan Teknis yang Rumit

Apa yang Anda ketahui tentang cara melakukan SEO? Menambahkan kata kunci pada judul, gambar, dan juga meta deskripsi? Benar, namun itu baru sebagian kecil saja dari hal teknis yang harus dikuasai untuk bisa sukses. Kebanyakan orang sudah mengenal baik dengan On Page SEO tersebut. Namun terlalu naif rasanya jika hanya dengan On Page SEO dan menyebarkan link sebanyak mungkin, Anda berharap sukses. Pemahaman tentang 301 Redirect, struktur website, konfigurasi 404, hingga hal teknis terkait domain dan server. Tidak sedikit website yang gagal menerapkan SEO karena crawler Google tidak bisa membaca website tersebut. Dan sang webmaster tidak bisa memperbaiki masalah tersebut.

Terlalu Banyak yang Tak Bisa Kita Kontrol pada SEO

Ada berapa faktor yang mempengaruhi SEO pada Google? Setidaknya ada 200 faktor yang mempengaruhinya. Anda bisa melihatnya pada tulisan Brian Dean tentang 200 faktor SEO jika berminat untuk mengetahuinya. Berapa dari 200 faktor tersebut yang bisa Anda kontrol? Saya yakin hanya sebagian kecil saja. Oiya, itu hanya untuk Google, masih ada Bing dan mesin pencari lain yang memiliki aturannya sendiri.

Sulitnya Mengukur Kesuksesan SEO

Apa indikator kesuksesan SEO menurut Anda? Muncul di halaman pertama Google? Mungkin benar, pertanyaan selanjutnya dihadapan siapa? Sering kita menemukan kasus dimana orang menemukan hasil yang berbeda saat mencari di Google dengan kata kunci yang sama. Tak sedikit orang yang bahkan “tertipu” karena melihat websitenya muncul di posisi puncak, padahal itu karena Anda memang sering mengakses website sendiri dan Google sudah menyimpan cookies untuk menyimpulkan kebiasaan Anda itu. Google Analytics menjadi salah satu cara terbaik mengukur kinerja SEO. Namun sayangnya, Anda tidak bisa mendapatkan data pencarian yang dilakukan orang saat mereka sedang login dengan Google Account. Pada Google Analytics hal tersebut ditandai dengan tulisan “Not Provided”.

Sekian 4 kekurangan SEO yang perlu Anda ketahui. Terlepas dari kekurangannya tersebut, SEO merupakan teknik promosi yang baik. Anda tetap perlu melakukan SEO jika ingin merebut pasar di internet, tentunya perlu digabungkan dengan strategi promosi online yang lain.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

  • Annisa Nirmala

    untuk point no1 itu relatif mas… teknik yang digunakan sangat berpengaruh. klo backlink 1 tier aja memang pasti lama nunjukin hasilnya. coba bangun piramid link, lebih cepat dan biasanya awet di halaman pertama…

    Nisa
    bengkelseo.net – backlink planner

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang