7 Data Utama Website yang Dapat Diukur Dengan Google Analytics

7 Data utama website yang dapat diukur dengan google analytics

Google Analytics adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan website tracking. Selain karena gratis, keakuratan dan penyajian data yang baik menjadi alasan mengapa banyak webmaster yang menggunakannya. Namun, data apa saja sebenarnya yang bisa diukur dengan Google Analytics? Saya akan membahas 7 data utama pada website yang dapat diukur dengan Google Analytics.

Visits (Kunjungan)

Visit dihitung ketika ada pengunjung yang mengakses ke website Anda pada periode waktu tertentu. Setiap ada 1 kunjungan masuk, misalnya saja kunjungan dari mesin pencari atau social media, akan dihitung sebagai 1 visit. Oiya, visit tidak ada hubungannya dengan berapa banyak halaman web yang dilihat pada setiap kunjungan.

Unique Visitors (Pengunjung Unik)

Unique Visitor sering kali diartikan sebagai jumlah orang yang datang mengunjungi website Anda. Jika pada visit yang dihitung adalah jumlah kunjungan, maka pada unique visitor yang dihitung adalah orang atau pengunjungnya. Bingung? Misalkan seseorang bernama Joko mengunjungi website Anda sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari maka Google Analytics akan menghitung 2 visit dan 1 unique visitor.

Pageviews

Pageviews merupakan jumlah halaman website yang dilihat oleh pengunjung website Anda pada setiap kunjungannya. Misalkan Joko berkunjung ke website Anda dan melihat halaman dengan urutan Home – About – Kontak, maka akan terhitung 3 Pageviews. Setiap halaman yang dilihat berulang kali juga akan tercatat pada Pageviews. Misalkan dari contoh sebelumnya Joko melihat kembali halaman home dengan urutan Home – About – Kontak – Home, maka akan tercatat 4 Pageviews.

Pages / Visit

Pages / Visit menandakan rata-rata jumlah halaman yang dilihat pada 1 kunjungan. Jika nilai yang didapat adalah 2 Pages /Visit, itu berarti rata-rata seseorang melihat 2 halaman website Anda setiap kunjungannya.

Avg. Visit Duration

Avg. Visit Duration menunjukkan berapa lama rata-rata waktu seseorang berada di website Anda. Apa artinya 00:01:30 pada Avg. Visit Duration? Yap, itu berarti rata-rata pengunjung membuka website Anda selama 1 menit 30 detik.

Bounce Rate

Bounce rate menunjukkan banyaknya kunjungan yang hanya melihat 1 halaman website Anda saja lalu kemudian keluar. Bounce rate tersaji dalam bentuk persentase. Misalkan nilai bounce rate Anda adalah 60%, itu berarti 6 dari 10 kunjungan ke website Anda hanya melihat 1 halaman saja lalu kemudian keluar (bounced) dari website Anda.

%New Visits

Merupakan persentase kunjungan baru (pertama kali) yang datang ke website Anda. Nilai new visits ini angkanya akan mendekati jumlah unique visitor dibagi dengan jumlah visit kemudian dikali 100%.

Itulah 7 data utama website yang dapat diukur dengan Google Analytics. Mengukur kinerja website memang merupakan kewajiban, terutama bagi yang sedang menerapkan beberapa cara promosi website.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang