Apa Itu SEO dalam Dunia Digital Marketing?

ilustrasi apa itu SEO pada digital marketing

Search Engine Optimization, biasa disingkat dengan SEO, merupakan istilah yang cukup populer di dunia digital marketing. Pertanyaan seperti “Apa itu SEO?” bisa jadi terlintas dibenak para pemula. Dan pertanyaan tersebut memang perlu diketahui dahulu jawabannya. Apalagi jika Anda tertarik untuk mepelajarinya.

Definisi SEO

Ada banyak definisi SEO yang bisa ditemukan di internet. Anda bisa melihat penjelasan panjang optimasi mesin pencari menurut wikipedia. Namun menurut kami, pengertian SEO yang paling tepat adalah usaha memanfaatkan mesin pencari untuk mendatangkan pengunjung ke website kita secara natural. Cara memanfaatkan mesin pencari yang dimaksud adalah  melakukan serangkaian proses agar website kita memiliki peringkat yang baik pada hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Tujuan dari SEO itu sendiri adalah menempatkan website kita di peringkat teratas atau setidaknya di halaman pertama mesin pencari. Di Indonesia, SEO juga dikenal dengan istilah optimasi mesin pencari. Google, mesin pencari dengan pengguna terbanyak, juga mendefinisikan SEO sebagai Search Engine Optimizer. Dalam konteks pengertian tersebut SEO dianggap sebagai subyek atau orang yang melakukan optimasi mesin pencari. Namun pada dasarnya kedua istilah tersebut sama.

SEO dapat dikatakan berhasil jika website kita memiliki peringkat yang baik pada Search Engine Result Page (SERP) untuk hasil pencarian organik. Misalnya menjadi Top 10 Google untuk kata kunci “Mobil Bekas di Jakarta”. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, mesin pencari seperti Google tidak hanya menampilkan hasil organik atau SEO saja, tetapi juga iklan berbayar AdWords. Hal tersebut seringkali membingungkan pemula. Untuk bisa membedakannya silahkan lihat gambar contoh SEO berikut.

Contoh SEO pada SERP

Hasil SEO Ditandai dengan Bingkai Hijau

Seperti pada gambar, bila kita mengetikan sebuah kata kunci pencarian maka Google akan menampilkan daftar website yang dianggap relevan. Halaman ini lah yang disebut dengan SERP. Ada 2 jenis hasil pencarian, pertama adalah hasil pencarian organik dan kedua adalah iklan berbayar. Website yang muncul karena SEO pada gambar ditandai dengan bingkai hijau. Sedangkan bingkai merah menunjukkan iklan AdWords. Anda membutuhkan penyedia jasa AdWords untuk memasang iklan di sana.

Istilah Umum yang Ada pada SEO

Selain mengetahui apa itu SEO. kita juga perlu mengenal istilah-istilah umum yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah istilah yang sering muncul tersebut:

  • Keyword Research, merupakan proses untuk menemukan kata kunci yang potensial. Biasanya kata kunci yang ingin didapatkan oleh praktisi SEO adalah yang memiliki volume pencarian tinggi. Salah satu tools penting yang biasanya digunakan untuk keyword research adalah Google AdWords Keyword Planner atau Ubersuggest.
  • On Page Optimization, adalah optimasi yang dilakukan pada halaman website Anda. On page optimization berkaitan dengan judul halaman website, heading, optimasi gambar pada website, struktur URL website, meta description, dan faktor lain yang berasal dari website kita.
  • Off Page Optimization, merupakan optimasi yang dilakukan di luar halaman website kita. Dapat dikatakan, ini sebagai faktor eksternal SEO karena sebenarnya kita tidak memiliki kontrol penuh untuk melakukan off page optimization. Optimasi ini berkaitan dengan backlink dan juga social media sharing.
  • White Hat SEO, yaitu menerapkan teknik SEO dengan cara yang sesuai dengan etika dan legal. Mesin pencari selalu menyukai penerapan white hat SEO. Kebanyakan website yang menerapkannya akan memiliki peringkat yang stabil.
  • Black Hat SEO, merupakan kebalikan dari white Hat. Black hat menggunakan cara-cara “curang” untuk meningkatkan ranking dalam waktu¬† yang relatif cepat. Namun biasanya tidak akan bertahan lama apalagi jika terjadi update algoritma penentuan ranking.

Selain 5 istilah tersebut tentu masih banyak istilah SEO lainnya. Anda bisa mencarinya dari buku atau internet jika ingin mengetahuinya lebih banyak lagi.

Pandangan Salah tentang SEO

Pada praktiknya sering terjadi salah persepsi tentang SEO, umumnya memang terjadi pada pemula. Agar tidak mendapatkan persepsi yang salah, kita perlu mengetahui bahwa:

  • SEO bukanlah tentang membeli keyword atau kata kunci.
  • SEO bukan proses meminta kepada Google untuk menempatkan website kita di peringkat tertentu.
  • SEO adalah sebuah proses yang tidak sebentar dan perlu dilakukan secara terus-menerus.

Sebagai penutup, ada sebuah video dari Search Engine Land yang menurut kami bagus untuk menjawab pertanyaan apa itu SEO. Silahkan lihat di sini atau membukanya langsung di Youtube.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang