Cara Membeli Domain dan Hosting

Tutorial Membuat Website Sendiri

 

Tulisan ini adalah lanjutan dari bagian pendahuluan dalam rangkaian tutorial membuat website sendiri. Ada 2 hal yang perlu kita siapkan sebelum membuat website. Pertama adalah nama domain. Dan kedua adalah web hosting. Penjelasan versi panjangnya sudah pernah dituliskan idKeyword pada artikel “Apa Itu Domain dan Hosting?“. Jika tertarik Anda bisa membacanya.

Intinya, domain adalah identitas unik website kita. Bisa juga disebut alamat atau nama website Kita. Domain yang paling populer adalah yang berakhiran .com seperti idKeyword.com, facebook.com, dan lain sebagainya. Sedangkan hosting adalah tempat semua file yang berkaitan dengan website kita disimpan. Hosting memiliki batasan space untuk menampung file misalnya 250 Mb, 500 Mb, atau 10 Gb.

Apa hubungan antara domain dan hosting? Jika website diibaratkan sebagai rumah, maka hosting adalah sebidang tanah sebagai tempat berdirinya bangunan rumah tersebut. Sedangkan domain diibaratkan sebagai alamat yang menunjuk rumah tersebut. Anda Bingung? Abaikan saja, nanti juga akan paham dengan sendirinya. Hehe..

Langkah pertama sebelum membuat website adalah membeli domain dan hosting. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membeli domain dan hosting? Kita membutuhkan penyedia jasa hosting untuk mendaftarkan nama domain dan menyewa hosting. Ada banyak penyedia hosting baik lokal ataupun luar. Silahkan lakukan pencarian di Google dengan kata kunci Jasa Web Hosting. Jika Anda ingin menggunakan jasa penyedia hosting lokal, idKeyword merekomendasikan 5 penyedia web hosting Indonesia ini.

Pada tutorial ini kami menggunakan idWebhost sebagai penyedia hosting. Oiya, ini hanya untuk contoh saja karena idKeyword tidak berafiliasi dengan mereka. Anda bebas memilih penyedia hosting apapun sesuai selera.

Panduan Membeli Domain dan Hosting

Buka website idwebhost di www.idwebhost.com lalu pilih menu Web Hosting.

Langkah 1 cara membeli domain

Pilih lah paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saran kami pilih lah paket hosting dengan space yang lebih dari 100Mb. Klik Order Now jika sudah memutuskan untuk memilih paket yang mana.

langkah kedua cara membeli domain

Tuliskan nama domain yang Anda inginkan, misalnya domaingaul.com.

langkah ketiga: memilih nama domain

Jika domain masih tersedia, kita bisa langsung membelinya. Namun Jika sudah dimiliki orang lain, silahkan cari nama domain yang lain. Klik Beli Sekarang untuk melanjutkan.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Checkout, periksa kembali pesanan Anda terutama bagian lama kontrak.

langkah keempat konfrmasi halaman checkout

Selanjutnya isi form biodata dengan lengkap lalu klik Checkout.

langkah kelima - isi biodata

Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Invoice dan petunjuk pembayarannya dikirim ke email Anda. Carilah email dengan subyek Detail Order dan Cara Pengaktifan DomainAnda.com. Setelah membayar invoice tersebut, konfirmasikan pembayaran Anda. Tugas Anda selesai untuk sementara, tunggu hingga pihak idWebhost memproses pemesanan kita.

Jika telah selesai, Anda akan mendapatkan email notifikasi yang berisi informasi Login menuju CPanel website Anda. Contohnya seperti di bawah ini:

Langkah Keenam: Periksa Email

Untuk memastikan domain Anda telah aktif coba buka browser dan ketikkan nama domain Anda. Seharusnya Anda sudah bisa mengaksesnya walaupun masih kosong. Jika Anda menggunakan idWebhost, tampilan website baru Anda akan seperti gambar ini:

langkah ketujuh: domain telah aktif

Dan sekarang Anda sudah mempunyai domain dan hosting. Ibaratnya Anda sudah memiliki tanah dan siap membangun rumah. Tutorial Membuat Website bagian 2 selesai sampai di sini. Silahkan lanjutkan ke bagian selanjutnya, menginstall wordpress.

[button-red url=”http://blog.idkeyword.com/tutorial/tutorial-membuat-website-pendahuluan/” target=”” position=”left”]Bagian 1: Pendahuluan[/button-red]

[button-red url=”http://blog.idkeyword.com/tutorial/cara-membuat-website-dengan-wordpress/” target=”_self” position=”right”]Bagian 3: Cara Menginstall WordPress[/button-red]

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang