Cara Memulai Bisnis Dengan 4 Langkah Praktis

cara memulai bisnis dengan 4 langkah mudah

 

Bagaimana sih cara memulai bisnis itu? Pertanyaan tersebut mungkin sudah sering berada dibenak kita yang ingin mencoba untuk menjalankan usaha. Tulisan ini akan memberitahu Anda cara memulai bisnis dengan langkah-langkah yang bisa langsung dipraktekkan. Dan inilah 4 langkah untuk memulai bisnis baru:

Cari Produk atau Jasa yang Dijual

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis adalah mencari produk atau jasa yang bisa kita jual. Kita tidak perlu membuat produk sendiri loh, punya orang lain juga tidak masalah. Biasanya banyak yang memulai dengan menjadi reseller, dropshipper, atau bergabung dengan program affiliate. Jika ini adalah bisnis pertama, disarankan untuk memilih produk yang memang sedang trend agar relatif mudah untuk dijual. Walaupun produk yang sedang trend belum tentu bertahan lama tapi cukup baik untuk memulai.

Buatlah Website untuk Produk Bisnis Kita

Kita membutuhkan satu tempat yang bisa dijadikan pusat informasi dari produk yang dijual. Semua bisnis perlu membuat website karena itu merupakan salah satu media terbaik yang bisa kita pakai untuk memajang produk atau jasa yang dijual. Cara membuat website pun tidak terlalu sulit. Kita bisa memulainya dari sebuah blog gratisan seperti yang disediakan Blogspot atau WordPress. Jika tidak ingin repot, penyedia jasa website yang siap membantu juga sudah banyak. Tidak sulit untuk menemukan pembuat website yang menjual jasanya di bawah 1 Juta rupiah.

Pastikan konten-konten ini tersedia di dalam website kita:

  • Deskripsi atau penawaran produk disertai foto produknya.
  • Nomor kontak yang pasti bisa dihubungi calon pembeli.
  • Penjelasan cara pemesanannya.
  • Penjelasan cara pembayaran dan pengiriman

Setelah memiliki website, berarti kita sudah melakukan langkah kedua dari cara memulai bisnis. Oiya sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan Facebook untuk memajang produk yang kita jual. Namun prioritaskan untuk memiliki sebuah website terlebih dahulu. Dan akan lebih baik lagi jika menyewa hosting dan domain sendiri.

Promosi, Promosi, dan Promosi

Memiliki website belum lah cukup karena pelanggan tidak akan datang jika didiamkan begitu saja. Kita perlu melakukan promosi agar orang-orang yang menjadi target pelanggan tahu keberadaan website kita. Dan promosi ini lah yang menjadi langkah ketiga dari cara memulai bisnis. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk kita, baik promosi secara online maupun offline. Promosi tidak harus selalu dengan memasang iklan atau membuat brosur. Menawarkan produk ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan tetangga adalah contoh promosi efektif dan tanpa biaya. Beritahu alamat website kita setiap menawarkan produk ke orang untuk memberikan waktu kepada mereka mempelajari produk yang dijual. Kita juga bisa memanfaatkan social media untuk berpromosi. Pastikan semuanya diarahkan ke website kita, dimana semua informasi yang dibutuhkan tersedia. Jika kita rela mengeluarkan biaya untuk beriklan, cobalah mencari penyedia jasa AdWords untuk meningkatkan traffic website. Kunci sukses dari berpromosi terletak pada kemampuan kita dalam menentukan target pasar yang tepat.

Catat Aktivitas Bisnis Kita

Langkah keempat dari cara praktis memulai bisnis adalah mencatat. Apa yang dicatat? Idealnya semua proses bisnis tercatat. Beberapa informasi yang perlu Anda catat, diantaranya adalah:

  • Pengeluaran dan pemasukan dari kas bisnis kita.
  • Data pelanggan.
  • Produk yang paling laku dan tidak laku.
  • Komplain dari pelanggan.

Tujuan dari mencatat adalah sebagai bahan pengambilan keputusan di kemudian hari. Tanpa mencatat kita akan kesulitan untuk melakukan evaluasi. Atau lebih parahnya, jangan-jangan tanpa disadari justru bisnis yang kita jalankan tidak menghasilkan untung.

Itulah tadi cara praktis memulai bisnis yang bisa langsung kita praktekkan. Mudah untuk dilakukan memang, karena sebetulnya memulai bisnis tidak diperlukan strategi khusus. Strategi pemasaran yang lebih rumit baru akan diperlukan jika bisnis kita sudah berjalan dan ingin berkembang. Tips ini bisa dipraktekkan untuk memulai berbagai macam bisnis seperti bisnis online, pakaian, travel, ataupun properti. Selamat mencoba.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang