Cara Menambahkan Google Analytics ke dalam Website

Google Analytics adalah salah satu tools untuk memantau traffic website yang paling banyak digunakan saat ini. Dengan menambahkan Google Analytics ke dalam website, kita dapat mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website kita. Tidak hanya sekedar menghitung jumlah pengunjung, dengan Google Analytics kita bisa mengetahui darimana pengunjung berasal, bagaimana cara mereka datang ke website kita, hingga berapa lama rata-rata mereka berada di website kita. Setidaknya ada 7 data utama yang bisa diukur dengan Google Analytics. Jika Anda belum menggunakan tools untuk melakukan tracking, menambahkan Google Analytics ke dalam website Anda bukanlah ide yang buruk. Di sini kami akan memandu Anda untuk melakukannya.

Membuat Akun Google Analytics

Syarat untuk membuat akun Google Analytics hanya lah sebuah Akun Google. Jika Anda saat ini menggunakan Gmail, berarti syarat tersebut telah terpenuhi. SIlahkan buka website Google Analytics dengan mengetikkan google.com/analytics di browser kesayangan Anda. Pilih Sign In dan login lah dengan akun Gmail Anda. Jika belum pernah menggunakan Gmail, pilih menu create an account.

tampilan website google analytics

Setelah membuat akun baru atau login dengan akun Gmail, kita akan diminta untuk melakukan Sign Up terlebih dahulu. Setelah berhasil Sign Up, tugas kita selanjutnya adalah mendapatkan apa yang disebut dengan tracking code. Fungsinya dapat diibaratkan sebagai alat perekam pengunjung website kita. Untuk mendapatkan tracking code, kita hanya perlu mengisi form di halaman yang muncul setelah berhasil Sign Up. Pilih Website karena pada tutorial ini kita akan memonitoring website. Lalu isi form yang ada dengan data website Anda. Contohnya seperti gambar di bawah.

Langkah 2: Isi Form Google Analytics

Tentu gambar di atas hanya contoh, silahkan ganti nama idKeyword dengan website Anda. Jika isiannya sudah lengkap silahkan klik Get Tracking ID. Kita akan diminta untuk membaca dan menyetujui Term of Service dari Google Analytics. Pilih I Accept untuk menyatakan bahwa kita setuju. Pada halaman selanjutnya kita akan mendapatkan Tracking ID dan juga Tracking Code. Selamat karena akhirnya kita mendapatkan tracking code

Langkah 3: Mendapatkan Tracking Code

Menambahkan Tracking Code ke dalam Website

Setelah mendapatkan tracking code, langkah selanjutnya adalah menyisipkannya ke halaman website kita. Caranya mudah, cukup copy paste tracking code tersebut dan letakkan di antara tag html <body>…..</body> pada file website kita. Kita perlu menyisipkan tracking code ke semua halaman website yang ingin dipantau dengan Google Analytics. Jika website Anda dibuat dengan pemrograman yang baik dan bersifat dinamis, penyisipan tracking code cukup dilakukan satu kali saja di bagian tertentu.

Jika Anda menggunakan wordpress silahkan gunakan plugin seperti Google Analyticator untuk mempermudah penyisipan tracking code. Atau jika Anda ingin melakukannya secara manual, ikuti langkah berikut (khusus website yang menggunakan CMS WordPress):

  1. Login ke wp-admin website Anda dan Pilih Menu Appearance >> Editor.
  2. Dibagian kanan bertulisan Templates, pilih Footer (footer.php)
  3. Setelah kode dari footer.php terbuka, scroll ke bawah dan temukan tag </body>
  4. Sisipkan tracking code tepat di atas (sebelum) </body> dan klik Update File. Silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Langkah 4: Menyisipkan Tracking Code di Footer

Selesai, dan sekarang kita telah berhasil menambahkan Google Analytics ke dalam website. Jika Anda tidak mengurus masalah teknis website sendiri, silahkan hubungi web administrator atau webmaster Anda. Mintalah mereka untuk melakukan penyisipan tracking code ke dalam website. Anda juga bisa membuat user baru pada Google Analytics untuk berbagi data yang ada tanpa harus berbagi password.

Lalu bagaimana cara memeriksa apakah tracking code sudah berhasil terpasang? Yang paling gampang adalah dengan login ke dalam Akun Google Analytics Anda dan pilih menu Reporting. Jika sudah benar, Anda akan melihat statistik pengunjung di sana. Oiya tunggu dulu beberapa jam sebelum memeriksanya di Google Analytics agar data pengunjung terkumpul terlebih dahulu.

Bagaimana? Cara menambahkan Google Analytics ke dalam website kita memang mudah kan? Jika kesulitan dan punya pertanyaan, mari kita diskusikan pada bagian komentar.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang