Cara Praktis Menentukan Target Pasar untuk Bisnis UKM

cara menentukan target pasar untuk bisnis ukm

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas pentingnya menentukan target pasar. Sekarang yang akan kita bahas adalah bagaimana cara menentukan target pasar tersebut. Saya hanya akan membahas cara-cara yang sederhana. Tujuannya adalah agar mudah diterapkan pada bisnis UKM.

Hal terpenting yang perlu dilakukan saat menentukan target pasar adalah membuat segmentasi pasar. Dalam pengertian sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan sebagai pengelompokkan tertentu pelanggan potensial Anda berdasarkan kemiripan tertentu. Cara praktis menentukan target pasar adalah dengan memilih segmentasi pasar yang tepat. Berikut ini adalah langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar:

Pilih Lokasi yang Menjadi Target Pasar Anda

Pertama adalah tentang geografis. Tentukanlah lokasi mana saja yang dijangkau oleh bisnis Anda. Ada banyak cara untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau bisa juga berdasarkan radius. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum atau luas. Kesalahan ini biasanya terjadi pada toko online yang hanya menyebutkan “Seluruh Indonesia” sebagai target pasarnya. Pemilihan lokasi target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman barang Anda. Jika toko online Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran produk.

Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan Anda

Setelah faktor geografi selanjutnya adalah demografi. Kelompokan pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa pelanggan potensial Anda.

Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan Anda

Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis atau psikografis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Kepribadian, kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor psikografis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Menargetkan anak-anak “alay” misalnya, itu adalah contoh segmentasi psikografis.

Contoh Target Pasar

Anda sudah mengetahui 3 cara praktis menentukan target pasar, sekarang mari kita lihat contoh penggunaanya berikut ini. Misalkan Anda memiliki bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target pasar Anda.

Produk yang Dijual:
Pakaian Anak-anak, dijual secara online

Target Lokasi:
Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lain yang dapat dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 3 hari.

Target Demografi Pelanggan:
Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak kecil dengan usia antara 25 – 40 Tahun. Memiliki penghasilan keluarga di atas 3 Juta per bulan.

Karakteristik Psikologis Pelanggan:
Terbiasa menggunakan komputer, email, internet, dan social media. Mengikuti trend fashion anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak.

Sekarang cobalah untuk membuat target pasar untuk bisnis Anda. Dengan menentukannya, Anda akan lebih mudah saat menentukan strategi pemasaran dan memilih media promosi online yang tepat.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang