Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!

Bisnis Menggunakan Facebook

Social media memegang peran penting dalam digital marketing saat ini. Diantara semua jenis social media yang ada, harus diakui bahwa Facebook lah yang paling favorit. Rasanya jarang ada social media marketer yang belum pernah bersentuhan dengan Facebook. Banyak bisnis yang berkembang karena menggunakan Facebook. Tak hanya untuk kepentingan marketing, social media yang satu ini juga digunakan sebagai customer support hingga membangun fan base. Lantas mengapa mereka memilih Facebook? Inilah alasan mengapa banyak bisnis menggunakan Facebook.

Jumlah Pengguna yang Sangat Besar dan Terus Bertambah

Sejak diluncurkan pada tahun 2004, pengguna facebook terus berkembang dengan sangat cepat. The Wall Street Journal mengatakan bahwa pada tahun 2012 Facebook telah memiliki 1 Milyar pengguna. Tak heran jika ada orang yang menyebut Facebook sebagai negara di dunia digital. Indonesia sendiri saat ini adalah negara dengan pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia setelah Amerika, Brasil, dan India. Alasan pertama banyak bisnis menggunakan facebook adalah karena memiliki jangkauan yang sangat besar.

Menjangkau Pelanggan Dengan Sangat Tertarget

Coba bayangkan, andaikan Anda adalah agen perjalanan yang melayani rute Jakarta-Malang dan ingin memasang iklan. Bagaimana caranya agar iklan Anda hanya dilihat oleh orang yang tepat? Pada media konvensional tentu akan sulit menemukan orang yang berada di Jakarta dan ingin ke Malang. Facebook membuat penargetan seperti itu menjadi mungkin. Cobalah membuka Facebook Anda sekarang, dan ketikan kalimat “People who live in Jakarta from Malang”. Dan seketika Anda akan mendapatkan orang-orang yang berasal dari Malang dan tinggal di Jakarta.

Facebook Graph Search untuk menargetkan Audiences

Facebook Graph Search untuk Menargetkan Audiences

Iklan Anda tentu akan menjadi sangat tertarget jika menggunakan Facebook. Itu hanya salah satu contoh dari sekian banyak penargetan yang bisa dilakukan oleh Facebook. Tentunya Anda harus mengetahui dulu cara menentukan target pasar sebelumnya.

Orang Terhubung dengan Facebook Dimana Saja dan Kapan Saja

Kapan kah orang menggunakan Facebook? Bisa jadi dalam 24 jam ada saja orang yang sedang login ke akun mereka. Sangat banyak varian gadget yang bisa digunakan untuk ‘facebookan’. Tak hanya dari PC atau laptop, para pengguna Facebook bisa menggunakan Smartphone dan Tabletnya. Wajar jika tengah malam masih ada orang yang mengakses Facebook dari ponselnya sambil berbaraing dikamar. Bisnis menggunakan Facebook agar bisa menyajikan informasi 24 jam penuh.

Efek Viral yang Dahsyat

Pengguna Facebook suka membagikan konten yang mereka anggap menarik kepada teman-temannya. Kebiasaan tersebut lah yang dimanfaatkan oleh Facebook Marketer untuk menciptakan efek viral yang dahsyat. Bisnis yang mampu mengemas pemasaran produknya dengan sangat baik biasanya akan mendapatkan efek viral yang luar biasa dari Facebook. Misalnya mengadakan kontes foto bayi di Facebook yang menentukan pemenangnya adalah dengan jumlah like terbanyak. Bisa jadi, efek viral ini yang menjadi alasan utama bisnis menggunakan facebook.

Biaya Relatif Murah, Bahkan Bisa Gratis

Memasarkan produk dengan Facebook relatif lebih murah dibandingkan dengan media konvensional. Banyak bisnis kecil yang terbukti berhasil menciptakan profit besar hanya memulai dengan Rp 100.000 untuk beriklan di Facebook. Membuat Facebook Page pun gratis. Bila Anda cukup jeli dan kreatif, melakukan marketing campaign dengan Facebook bisa tanpa biaya sama sekali. Kuncinya adalah memanfaatkan efek viral yang memang merupakan salah satu kekuatan Facebook. Banyak bisnis menggunakan facebook karena alasan efisiensi biaya.

Dengan alasan-alasan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa menggunakan Facebook hampir menjadi keharusan. Pertanyaannya sudah bukan lagi “Apakah Bisnis Saya Perlu Menggunaan Facebook?” tetapi menjadi “Baik Pengelolaan Facebook yang Benar untuk Bisnis Saya?”

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang