Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?

Menggunakan AdWords dengan Laptop

Menggunakan AdWords sepertinya sudah dianggap sebagai solusi praktis untuk mempromosikan website. Kita telah mengetahui bahwa dengan AdWords kita bisa memunculkan iklan di halaman pertama hasil pencarian Google. Lalu memangnya kenapa dengan itu? Apa untungnya berada di halaman pertama Google? Dan mengapa tidak menggunakan SEO saja yang gratis? Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di sini.

Pada kenyataannya, sudah banyak perusahaan yang menjadikan AdWords sebagai bagian dari strategi marketing mereka. AdWords sendiri merupakan sumber pendapatan Google yang terbesar. Ada banyak alasan mengapa banyak bisnis yang berkembang dengan AdWords. Mari kita bahas 5 diantaranya.

Menargetkan Hanya Pelanggan Potensial

Bisa jadi ini adalah alasan utama untuk menggunakan AdWords. Iklan kita tayang saat seseorang memasukan suatu kata kunci tertentu pada istilah pencarian di Google, dan kita lah yang menentukan kata kunci apa yang boleh menayangkan iklan. Kita juga bisa memilih penargetan iklan di lokasi, bahasa, dan perangkat tertentu saja. Singkatnya, iklan kita akan sangat tertarget dan ditayangkan hanya kepada orang yang relevan dengan bisnis kita. Misalnya, apabila Anda menjalankankan usaha Service AC maka Anda bisa hanya memunculkan iklan kepada orang-orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci seperti: Service AC murah, service AC panggilan, dan sebagainya. Mereka yang mencari dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis kita merupakan pelanggan potensial.

Menjangkau Banyak Orang

Lebih dari 93% pengguna internet di Indonesia adalah pengguna Google. Mereka mencari berbagai informasi di Google. Istilah “Googling” yang berarti melakukan pencarian di Google pun dikenal masyarakat karena populernya Google. Dan menurut klaim Google sendiri, ada milyaran pencarian yang dilakukan setiap harinya. Artinya, iklan kita bisa menjangkau jumlah orang yang sangat banyak.

Membayar Hanya Jika Iklan Mendatangkan Pengunjung

Alasan lain mengapa banyak orang menggunakan AdWords adalah karena model pembayaran yang digunakan. Di AdWords, kita hanya membayar saat iklan diklik. Tak peduli berapa kali iklan tayang, selama tidak diklik orang maka biaya penayangannya gratis. Orang yang mengklik iklan akan diarahkan ke website kita. Artinya, kita hanya perlu membayar jika iklan memang terbukti telah mendatangkan pengunjung ke website kita. Model pembayaran Cost per Click (CPC) ini juga sangat memudahkan kita saat akan menghitung ROI.

Hasil yang Sangat Terukur

AdWords mencatat bagaimana kinerja iklan kita selama tayang dengan lengkap. Kita akan mengetahui berapa kali iklan tayang, berapa klik yang didapat, kata kunci apa yang paling banyak mendatangkan pengunjung, hingga kapan waktu iklan kita paling banyak menjangkau pelanggan potensial. Hasil yang sangat terukur seperti itu akan memudahkan kita untuk mengambil keputusan strategis.

Mudah dan Cepat Tayang

Ini lah alasan mengapa banyak bisnis beralih menggunakan AdWords dan bukan SEO. AdWords menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam menayangkan iklan ke hadapan pelanggan potensial. Dengan AdWords, kita cukup membuat teks iklan, memasukan kata kunci untuk memunculkannya, dan menentukan mau diarahkan kemana pengunjung yang mengklik iklan kita. Proses pembuatan kampanye iklan baru hingga tayang pun biasanya hanya butuh waktu beberapa jam, sekalipun website yang diiklankan baru dibuat. Dua hal tersebut tidak akan kita dapatkan dari SEO. Jika Anda adalah pemilik bisnis kue kering dan ingin mengadakan promo Ramadhan misalnya, dengan AdWords Anda bisa langsung memasang iklan hanya dalam beberapa jam. Coba bayangkan apabila Anda memilih untuk menggunakan SEO, bisa-bisa sudah keburu lebaran saat website Anda muncul di halaman pertama Google.

Lima hal yang kita bahas di atas baru lah sebagian manfaat yang bisa kita dapatkan dari AdWords. Masih banyak alasan lain yang menjadi alasan mengapa banyak pengusaha menggunakan AdWords untuk mengembangkan bisnis mereka. Dan menariknya lagi, terdapat banyak sumber bacaan di internet yang bisa dibaca ketika kita ingin belajar AdWords.

P.S:
Bila Anda tertarik untuk menggunakan AdWords, silahkan hubungi idKeyword. Kami menyediakan jasa adwords untuk bisnis UKM dan Start Up.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang