Mengenal Apa Itu Domain dan Hosting Website

Apa itu domain dan hosting website

Apa sih domain website itu? Dan apa itu hosting? Dua pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sering muncul dibenak siapapun yang baru pertama kali ingin membuat website. Jika Anda ingin melakukan promosi online dan membuat website, pahami dahulu 2 istilah tersebut. Dan sekarang, saya akan coba menjelaskan tentang 2 istilah tersebut dengan bahasa yang sederhana.

Apa Itu Domain Website?

Domain adalah identitas unik dari website anda. Dikatakan unik memang karena nama domain tidak ada yang sama di dunia ini. Jika Anda ingin memiliki website, maka memilih nama domain adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Anda tidak akan bisa memilih nama domain yang sudah dimiliki oleh orang lain. Contoh nama domain misalnya: google.com, google.co.id, idkeyword.com, tempo.co, dan masih banyak lainnya.

Selain nama, Anda juga perlu memilih Top Level Domain untuk website Anda. Apa lagi itu Top Level Domain? TLD ditunjukkan pada huruf-huruf terakhir pada nama domain. Contoh TLD antara lain adalah: .com, .co.id, .co, .net, .info, .web.id, dan lain sebagainya. TLD ini menunjukkan fungsi website yang berbeda-beda, misalnya saja TLD .com digunakan untuk website komersil atau .co.id yang digunakan untuk website perusahaan di Indonesia. Walaupun pada prakteknya, seringkali penggunaan nama TLD sebagai fungsi aslinya diabaikan penggunanya.

TLD tertentu akan membutuhkan syarat yang beragam jika ada yang ingin memilikinya. Jika ingin memiliki website dengan TLD .web.id atau .my.id misalnya, Anda harus memiliki KTP Indonesia. Berbeda dengan TLD .com yang tidak mensyaratkan apa-apa.

Apa itu Hosting?

Setelah mengetahui domain, selanjutnya giliran memahami apa itu hosting. Hosting adalah tempat dimana seluruh file website Anda ditempatkan. Anda tentu tidak asing dengan istilah upload foto kan? Nah prinsipnya upload foto adalah memindahkan file foto dari komputer Anda ke hosting website.

Di dalam hosting Anda juga akan mengenal Space. Inilah yang menandakan berapa besar total ukuran file yang bisa disimpan di dalam hosting. Contohnya dalam kasus Toko Online, hosting dengan space 500 Mb tentu akan menampung lebih banyak foto produk dibandingkan dengan hosting yang hanya 50 Mb.

Selain space, ada juga istilah Bandwidth. Jika space menentukan berapa besar file yang dapat disimpan dalam hosting, bandwidth ini menentukan berapa besar lalu-lintas website Anda. Bandwidth ini menentukan berapa jumlah data yang bisa diambil dari hosting (server) hingga ditampilkan pada browser pengunjungnya. Bingung? Ini contoh sederhananya. Misalkan Anda memilih hosting dengan bandwidth 1 Gb (1.000 Mb). Katakan lah Anda menampilkan video pada sebuah halaman website. Setiap orang yang membuka halaman website tersebut memerlukan bandwidth misalnya 1 Mb. Maka total pengunjung yang bisa melihat video Anda dari halaman website Anda adalah sebanyak 1.000 orang.

Dalam perumpaan yang lain, bandwidth juga bisa diibaratkan sebagai jalan raya. Jika jalannya lebar tentu lebih banyak pengguna jalan yang bisa melewatinya. Semakin besar bandwidth yang dimiliki hosting Anda, maka semakin banyak jumlah pengunjung yang bisa mengakses website Anda. Umumnya bandwidth pada hosting dihitung bulanan. Jika seandainya bandwidth Anda habis, website Anda tidak akan bisa diakses lagi dan harus menunggu bulan berikutnya.

Jadi sudah mengerti tentang domain dan hosting website? Ini ilustrasi lain yang bisa membuat Anda lebih paham. Anggaplah hosting sebagai sebidang tanah. Di atas tanah tersebut Anda membangun rumah, dan rumah di sini diibaratkan sebagai website. Dan tentu Anda membutuhkan papan alamat agar orang bisa dengan mudah berkunjung. Alamat di sinilah yang menggambarkan domain website Anda.

Sekarang, setelah Anda mengetahui apa itu domain dan hosting, saatnya membuat website. Ingat lah bahwa semua bisnis. Mengapa? baca tulisan yang membahas alasan kenapa bisnis perlu membuat website.

Semoga Bermanfaat!

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang