Mengenal Apa Itu Link Building?

Link building adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan untuk mendatangkan backlink berkualitas ke halaman website kita. Link building ini dikenal juga dengan istilah off-page SEO karena prosesnya dilakukan di luar website kita. Berbeda dengan internal links pada on-page SEO, link yang dimaksud di sini adalah yang berasal dari website (domain) lain.  Contoh sederhana link building adalah menyebarkan link artikel website kita melalui social media seperti twitter dan facebook.

Mengapa Link Building itu Penting?

Backlink¬†dari website lain ke halaman website kita dapat diibaratkan seperti “voting”. Dan secara logika sederhana, semakin banyak kita mendapatkan “voting” akan semakin baik. Link dari website lain menjadi tanda bahwa artikel atau konten web kita disukai orang. Dan ini merupakan faktor penting SEO yang menentukan rangking website kita.

Pada praktiknya, link building tidak sesederhana mengumpulkan jumlah link masuk sebanyak mungkin saja. Kita juga harus memperhatikan kualitas dari backlink tersebut. Link yang berkualitas adalah link yang berasal dari website terpercaya, memiliki kualitas konten yang baik, dan biasanya memiliki pagerank tinggi. Di dalam SEO, kualitas link akan mengalahkan kuantitas. Perhatikan gambar di bawah.

 

contoh kualitas pada Link Building

Menurut Anda, website mana yang akan mendapatkan peringkat lebih baik di Google? Dengan asumsi konten halaman kedua website sama baiknya, maka Website A akan mendapatkan ranking yang lebih baik dari Website B. Mengapa demikian? Karena backlink yang berasal dari website yang kualitasnya tidak diragukan lagi walaupun jumlahnya hanya 1. Bagaimana dengan website B? Walaupun mendapatkan banyak link masuk, namun kualitasnya lebih buruk dari Website A. Link dari CNN.com yang memiliki pagerank 8 tentu jauh lebih berkualitas dibandingkan link dari komentar random di blog, akun twitter yang followernya hanya 5, blog teman kita, atau facebook saudara.

Setiap website mempunyai reputasi di mata Mesin Pencari. Link yang berasal dari web dengan reputasi buruk justru akan menurunkan peringkat website kita. Karena itu lah kita perlu berhati-hati saat membangun link. Mesin pencari mengutamakan link yang natural. Misalnya orang yang mengutip artikel web kita karena isinya bermanfaat. Beberapa website yang tidak melakukan on-page SEO bahkan bisa memiliki peringkat yang baik karena memiliki link yang baik. Bisa jadi karena isinya menarik sehingga banyak orang yang mau membagikan link ke website tersebut. Menulis artikel yang baik memang hal penting yang perlu dilakukan sebelum melakukan link building. Selanjutnya, Anda bisa membaca kriteria-kriteria dari backlink berkualitas.

Tambahan: Anda bisa melihat pagerank sebuah website dengan bantuan PRChecker.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang