Mengenal Quality Score dan Faktor yang Mempengaruhinya

Menngenal apa itu Quality Score

Quality Score adalah hal yang harus dipahami oleh siapapun yang memasang iklan di Google AdWords. Definisi sederhana dari Quality Score adalah ukuran dalam nilai 1-10 yang menunjukan kualitas dan relevansi iklan kita. Semakin tinggi nilai yang didapat akan semakin relevan iklan yang kita tayangkan, dan tentunya akan semakin baik. Quality score merupakan faktor penting yang menentukan peringkat iklan kita. Iklan dengan posisi teratas dapat dipastikan memiliki Quality Score yang tinggi. Sebaliknya, Quality Score yang rendah bisa membuat posisi iklan kita rendah atau bahkan tidak muncul sama sekali. Silahkan menyimak video berikut untuk lebih memahami apa itu Quality Score.

Apa saja faktor yang mempengaruhi Quality Score? Setidaknya ada 3 faktor utama yang mempengaruhi Quality Score. Pertama adalah Clickthrough Rate (CTR) atau rasio yang didapat dari membagi jumlah klik dengan jumlah penayangan. Kedua adalah Ad Relevance, yaitu relevansi antara keyword yang kita pilih dengan iklan yang ditayangkan. Dan terakhir adalah Landing Page Experience. Anda dapat melihat nilai masing-masing komponen tersebut dan angka Quality Score yang didapat pada tab Keywords.

Expected Clickthrough Rate

Nilai CTR disajikan dalam bentuk persentase antara 0% – 100%. Semakin tinggi nilai CTR, maka semakin tinggi pula Quality Score yang kita dapat. Tidak ada batasan khusus berapa nilai CTR yang baik, namun idKeyword menggunakan CTR 3% sebagai standard minimal. Biasanya CTR ini berbanding lurus dengan pemilihan keyword yang tepat dan juga penulisan iklan yang baik. Apabila CTR kita tinggi itu berarti iklan yang kita tayangkan menarik dan orang mau untuk mengkliknya. Sebaliknya, Quality Score akan mencapat nilai yang kecil apabila CTR rendah. Hal tersebut akan mempengaruhi posisi dan kemunculan iklan kita.

Ad Relevance

Ad Relevance menggambarkan seberapa “nyambung” keyword yang dipilih dengan iklan kita. Apa maksudnya keyword yang “nyambung” dengan iklan itu? Misalkan kita membuat iklan dengan Headline “Jual Jaket Kulit Pria”, maka keyword yang kemungkinan mendapatkan Ad Relevance yang tinggi antara lain adalah: Jaket Kulit Pria, Jual Jaket Pria, Jual Jaket untuk Pria, dan sebagainya. Secara logika sederhana, orang yang mengetikkan kata kunci tersebut akan berpeluang besar untuk tertarik dengan iklan kita.

Landing Page Experience

Faktor ketiga yang mempengaruhi Quality Score ini mengacu kepada seberapa baik menurut Google pengalaman yang akan didapat seseorang saat tiba di Landing Page kita. Menyediakan konten yang relevan saja tidak lah cukup, kita harus membuat agar pengunjung yang datang dari Google merasa nyaman saat berada di website kita. Biasanya keyword yang mendapatkan nilai Landing Page Experience di atas rata-rata memiliki konten yang sesuai dan original, mudah untuk dinavigasikan, dan menyediakan informasi yang cukup lengkap untuk pengunjungnya. Website dengan konversi penjualan yang tinggi biasanya memberikan pengalaman yang baik untuk pengunjungnya.

Sekarang kita telah mengetahui komponen yang mempengaruhi Quality Score. Pastikan kita mendapatkan nilai Quality Score setidaknya 7 agar dapat bersaing dengan pemasang iklan di Google lainnya. Bila ingin melakukannya dengan cepat, Anda bisa menggunakan penyedia jasa adwords profesional. :)

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang