Bagaimana Mengoptimalkan Title Tag?

Teknik On Page SEO: Bagaimana Mengoptimalkan title Tag

Title tag merupakan bagian terpenting dari SEO. Salah satu teknik pada on page SEO itu sendiri adalah mengoptimalkan Title tag. Tidak hanya mempengaruhi peringkat website kita, tag ini juga akan muncul pada halaman hasil pencarian sebagai judul website. Dan tidak sampai di situ saja, judul website juga yang biasanya menentukan apakah seseorang mau melakukan klik pada website kita atau tidak. Sekarang, pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengoptimalkan Title Tag? Setelah membaca artikel ini sampai habis, Anda akan menemukan jawabannya.

Cara Menambahkan Meta Title Tag

Title tag merupakan kode html yang diletakkan pada bagian <head>. Untuk menambahkannya kita hanya perlu menyisipkan kode <title> lalu judul yang diinginkan, dan ditutup dengan tanda </title>. Contohnya adalah seperti berikut ini:

<title>Cara Praktis Menentukan Target Pasar untuk Bisnis UKM</title>

Hasilnya, judul yang kita sisipkan pada meta title tag akan muncul pada halaman hasil pencarian atau SERP. Lihat gambar untuk di bawah untuk lebih jelasnya.

 

Title Tag akan Muncul pada SERP

Seperti pada gambar, kalimat yang kita tulis di dalam <title> tag akan tampil sebagai judul halaman website kita.

 

Bagaimana Menulis Judul Halaman Website yang Baik?

Setelah tahu cara menambahkannya, kini saatnya kita membahas bagaimana menulis judul halaman website yang baik agar orang mau melakukan klik. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan judul yang ditulis pada title tag. Berikut ini adalah beberapa hal tersebut:

Jangan Terlalu Panjang ataupun Terlalu Pendek

Mesin pencari populer seperti Google hanya menampilkan judul dengan panjang tak lebih dari 70 karakter. Apabila terlalu panjang, Google akan memotongnya. Jangan juga memilih judul yang terlalu pendek karena biasanya judul yang pendek kurang mendesripsikan isi website. Idealnya tulislah judul setidaknya 40 karakter namun tak lebih dari 65 karakter.

Ditulis dengan Jelas dan Deskriptif

Title tag harus ditulis dalam bentuk kalimat utuh yang jelas dan deskriptif. Jangan hanya menggunakan potongan kata atau kalimat saja. Bila pengunjung bisa memprediksikan isi dari judul yang kita buat, artinya judul tersebut sudah baik.

Harus Relevan dengan Konten Halaman Website

Title tag memberitahukan manusia (dan juga mesin pencari) topik dari isi halaman web. Karena itu lah kita perlu memastikan bahwa judul halaman yang kita kasih relevan dengan isinya. Bila anda menuliskan judul “Tips Liburan Hemat ke Bali” tentu orang yang melihatnya mengharapkan informasi seperti transportasi dan penginapan murah, tempat makan yang enak namun tak terlalu mahal, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika anda menuliskan review hotel berbintang tentu judul tersebut akan menjadi “tidak nyambung”. Bila judul website relevan dengan isinya, pengunjung akan betah untuk membacanya. Artinya website kita berhasil membangun engagement yang baik. Kondisi seperti itu sangat disukai oleh mesin pencari karena menandakan kualitas website kita.

Tambahkan Keyword Utama

Selain relevan dengan isi, kita juga disarankan untuk menambahkan keyword pada title tag. Tambahkan lah kata kunci utama yang kita targetkan ke dalam judul halaman website. Jangan terlalu banyak, biasanya satu saja sudah cukup. Rangkai keyword kita menjadi satu kalimat utuh yang jelas. Jangan hanya menggunakan potongan kata atau frase. Dan tentunya hindari terlalu banyak menambahkan kata kunci pada title tag. Sebisa mungkin letakan keyword utama di awal kalimat namun tetap prioritaskan membuat judul untuk manusia bukan mesin pencari. Bila ingin menambahkan nama brand atau merek, tempatkan di bagian akhir kalimat.

Judul Setiap Halaman Website Harus Unik

Hindari penggunaan satu judul yang sama untuk dua atau lebih isi halaman website yang berbeda. Anggaplah title tag sebagai identitas dari halaman website kita. Walau tidak selalu, judul yang sama memberikan tanda adanya duplikasi konten. Mesin pencari mengharapkan konten unik dari setiap halaman yang mereka catat ke dalam index.

 

Beberapa Contoh Judul Website yang Baik

Sampai sini kita sudah mengetahui seperti apa ciri title tag yang baik. Sekarang kami akan mencontohkan beberapa contoh penggunaan title tag yang baik dan juga yang buruk.

 

No Contoh yang Baik Contoh yang Buruk
1 Panduan Lengkap SEO oleh idKeyword Page1.html
2 Penyakit Hemofilia, Ketahui Tanda dan Gejalanya Hemofilia | Penyakit Hemofilia | Gejala Hemofilia
3 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Bawang Putih
4 Ingin Cepat Langsing? Lakukan 4 Cara Berikut Cepat Langsing – Cara Cepat Langsing yang Dijamin Langsung Langsing
5 Mahir Mengemudi dalam 7 Hari untuk Pemula Mahir Mengemudi – Pemula Langsung Bisa – Hanya 7 Hari

Contoh-contoh yang baik tersebut mencakup semua aspek yang kita bahas di bagian sebelumnya. Sedangkan contoh yang buruk, bila diperhatikan memiliki ciri-ciri: nama yang tidak jelas, terlalu memaksakan banyak kata kunci, terlalu pendek, terlalu panjang, dan tidak berupa satu kalimat utuh. Apabila title tag telah optimal, peluang untuk mendapatkan peringkat yang baik akan lebih baik. Artinya kita akan segera merasakan manfaat SEO.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang