Pentingnya Menentukan Target Pasar Sebelum Promosi Online

menentukan target pasar sebelum promosi online

Target pasar adalah bagian penting yang harus tertulis jelas ketika membuat strategi pemasaran. Target pasar yang terdefinisi dengan baik mempengaruhi sukses tidaknya kegiatan pemasaran Anda, termasuk juga ketika melakukan promosi online. Sayangnya masih banyak pemilik bisnis kecil yang tidak mempedulikannya. Bahkan ada juga yang masih bingung siapa target pasar produk mereka. Alasannya sederhana, karena mereka belum mengetahui pentingnya menentukan target pasar. Dan kali ini saya akan membahas 3 alasan kenapa menentukan target pasar sebelum melakukan promosi online itu sangat penting.

Target Pasar Mempengaruhi Dimana Iklan Ditempatkan

Jika diibaratkan memancing, memiliki target pasar berarti mengetahui ikan apa yang akan Anda tangkap. Setelah mengetahui ikannya, tentu akan lebih mudah untuk mencari kolamnya. Begitu pula saat melakukan promosi online. Jika telah mengetahui siapa target pasar produk Anda, tentu akan lebih mudah memilih dimana iklan akan ditempatkan. Misalnya jika target pasar Anda telah diketahui adalah seorang ibu yang memiliki bayi, tentu Anda akan memprioritaskan penayangan iklan pada website-website bertemakan parenting dan menghindari website yang membahas otomotif. Seringkali orang menganggap banyaknya jumlah pengunjung adalah syarat utama sebuah website agar layak dipasangi iklan. Padahal, berapapun jumlah pengunjungnya tidak akan berguna jika tidak sesuai dengan target pasar Anda.

Target Pasar Menentukan Kapan Iklan Ditayangkan

Tidak hanya tempatnya saja yang harus tepat, waktu penayangan iklan pun menentukan kesuksesan Anda saat melakukan promosi online. Katakanlah target pasar Anda adalah remaja. Tentu menayangkan iklan pada pukul 10:00 pagi bukanlah ide yang baik karena kebanyakan remaja masih ada di sekolah pada saat itu. Contoh lainnya adalah ketika Anda berbisnis tour and travel dan menargetkan orang-orang yang ingin berlibur. Tentu beriklan di akhir tahun dan musim liburan sekolah menjadi waktu yang tepat. Sekarang, bagaimana jika Anda tidak menentukan target pasar terlebih dahulu? Sepertinya akan sulit menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi online.

Target Pasar Menentukan Bagaimana Cara Anda Berpromosi

Menentukan target pasar perlu dilakukan karena akan mempengaruhi bagaimana cara Anda menyampaikan konten promosi. Jika telah mengetahui bahwa target pasar Anda adalah remaja, kira-kira bagaimana cara Anda berpromosi? Mungkin saja Anda akan menyiapkan website dengan warna cerah dan bahasa yang tidak formal khas remaja lalu mempromosikan website tersebut. Bisa juga Anda menggunakan Social Media karena mengetahui banyak remaja yang menggunakannya. Atau mungkin membuat konten promosi berupa kompetisi menulis blog bertemakan sekolah. Sekarang, pertanyaannya adalah bisakah Anda dengan tepat menentukan cara yang digunakan untuk berpromosi tanpa mengetahui siapa target pasar Anda?

Tiga hal tersebut adalah sedikit alasan tentang pentingnya menentukan target pasar sebelum melakukan promosi online. Sekarang tentu tidak ada alasan untuk tidak menentukan target pasar Anda dengan baik. Fakta menarik yang perlu Anda ketahui adalah semua yang telah sukses menjalankan promosi online adalah mereka yang mengetahui dengan jelas siapa target pasarnya.

Sumber Gambar: thoughtsonbusiness.org

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang