Profil Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2015

Pada tanggal 14 April 2015 yang lalu, Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) UI melakukan rilis pers tentang hasil survey profil pengguna internet di Indonesia. Hingga tulisan ini ditulis, hasil survey hasil kerja sama PUSKAKOM dengan APJII tersebut merupakan sumber informasi tentang data pengguna internet di Indonesia terbaru saat ini. Anda bisa mendownload hasil survey tersebut di website PUSKAKOM UI. idKeyword telah melihat hasil survey tersebut dan mendapatkan informasi menarik di dalamnya. Dan ini lah beberapa hal menarik tentang pengguna internet di Indonesia yang kami temukan.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Sudah mencapai 88,1 Juta

Hal menarik pertama yang kita temukan adalah sebuah fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angkat 88,1 Juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 252,4 Juta, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%. Angka tersebut meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan tahun 2013 dimana penetrasi internet baru mencapai 28,6%.

pengguna internet di Indonesia

Wilayah Jawa dan Bali menjadi wilayah yang memiliki pengguna internet terbanyak di Indonesia dengan 52 Juta. Disusul dengan Sumatra yang berjumlah 18,6 Juta dan Sulawasei yang memiliki 7,3 Juta pengguna internet. Wilayah Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku memiliki jumlah 5,9 Juta. Dan terakhir, wilayah Kalimantan dengan jumlah pengguna internet sebanyak 4,2 Juta. Anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Jawa Barat menjadi provinsi dengan pengguna internet terbanyak, yaitu sebanyak 16,4 Juta.

 

Sebagian Besar Mengakses Internet dengan Telpon Selular

Ini merupakan penemuan menarik lainnya yang disampaikan dalam hasil survey tersebut. Ternyata, 85% dari jumlah pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat seluler saat berselancar di dunia maya. Perangkat kedua yang paling sering digunakan adalah Laptop, disusul PC/Komputer, dan terakhir Tablet. Kebanyakan orang mengakses internet dari rumah dan rata-rata waktu penggunaan 1 hingga 3 jam per harinya.

perangkat yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia

 

 

Fenomena ini akan terlihat wajar jika dikaitkan dengan jumlah produk telpon seluler yang bisa dengan mudah didapatkan. Seperti yang kita tahu, harga smartphone sudah sangat murah dan bukan merupakan barang mewah lagi di Indonesia.

 

Jejaring Sosial Menjadi Alasan Utama Menggunakan Internet

Yang dilakukan kebanyakan orang saat terkoneksi ke internet adalah untuk menggunakan jejaring sosial. Tidak kurang dari 87% pengguna internet di Indonesia mengaku menggunakan socila media saat terhubung ke internet. Alasan kedua orang menggunakan internet adalah mencari informasi atau searching dan browsing yaitu sebanyak 68,7%. Yang menarik lainnya adalah ternyata 11% pengguna internet yang ada di Indonesia sudah melakukan jual beli online. Tak heran jika banyak pengamat yang mengatakan bahwa ecommerce sedang tumbuh dengan baik di Indonesia.

Alasan Menggunakan Internet

 

Mayoritas Pengguna Internet adalah Kaum Wanita

Lebih dari setengah pengguna internet di Indonesia berjenis kelamin perempuan. Secara keseluruhan jumlahnya mencapai 51% atau lebih dari setengah jumlah yang ada. Bahkan di DKI Jakarta 73% pengguna internet didominasi oleh kaum wanita. Dari sisi bisnis temuan ini sangat menarik. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual produk-produk untuk wanita apabila ingin memulai bisnis online.

jumlah pengguna internet wanita

Jika dilihat dari sisi usia, pengguna internet terbanyak berusia antara 18 hingga 25 tahun. Hasil survey ini mengatakan ada 49% atau hampir setengahnya. Sedangkan jika dilihat dari jenjang pendidikan, maka pendidikan SMA sederajat meraih angka tertinggi dengan 64,7%.

 

Apa Kesimpulan yang Bisa Kita Ambil?

Sebagai digital agency dan penyedia jasa adwords, idKeyword memiliki beberapa kesimpulan terkait profil pengguna internet di Indonesia tahun 2015 ini yaitu:

  • Dengan pengguna internet yang sudah mencapai 88 Juta, Go online sudah bukan lagi pilihan tetapi sudah menjadi sebuah keharusan apabila sebuah bisnis ingin bertahan dan berkembang di era sekarang ini. Semua bisnis perlu membuat website agar bisa berkembang.
  • Sudah saatnya bisnis memiliki website dengan desain responsif yang bisa menyesuaikan tampilannya terhadap perangkat yang digunakan oleh pengguanya. Kita telah berada di zaman Multiscreen dimana orang-orang tidak hanya mengakses internet dari satu layar saja.
  • Social media akan memiliki peran penting untuk bisnis karena itu lah alasan sebagian besar terhubung ke internet. Kita harus mulai memikirkan strategi bisnis yang melibatkan social media di dalamnya. Sebaiknya kita mengoptimalkan penggunaan social media dari sekarang.
  • Selain social media, aktivitas utama di internet adalah mencari informasi atau searching. Tak terkecuali saat mereka ingin membeli suatu produk. Stategi pemasaran yang memanfaatkan mesin pencari seperti Search Engine Marketing dan SEO bisa memiliki peran strategis untuk bisnis Anda. Mulai lah mempelajari bagaimana memanfaatkan Google untuk bisnis kita.
  • Bila Anda baru akan memulai bisnis online, pertimbangkan untuk menjual produk yang membidik target pasar wanita. Mereka lah kaum mayoritas yang menggunakan internet.

Sebagai penutup, Jika ingin melihat datanya secara lengkap Anda bisa mendownload hasil survey ini di website Puskakom UI. Silahkan download di sana jika Anda membutuhkan data dan statistik pengguna internet di Indonesia.

 

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang