Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis

Foto sampul facebook merupakan salah satu bagian penting yang perlu kita perhatikan dengan baik. Foto sampul atau cover image ini lah yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat mereka mampir ke halaman facebook kita. Banyak bisnis yang benar-benar memperhatikan foto sampul facebook karena itu menanamkan kesan pertama pada calon pelanggan. Dan tentu saja foto sampul facebook berperan sebagai identitas suatu brand atau bisnis. Foto sampul yang buruk tentu akan menciptakan persepsi negatif dari pengunjung terhadap bisnis kita. Di sini kami akan berbagi tips memasang foto sampul facebook untuk bisnis. Sebelumnya kita sudah membahas tutorial membuat facebook page untuk bisnis, dan artikel ini adalah bagian lanjutannya. Kami berharap Anda yang membaca tulisan ini sudah memiliki facebook page, buka sekedar akun facebook personal.

Bagaimana Cara Menambahkan Foto Sampul Facebook?

Khusus untuk Anda yang benar-benar baru menggunakan facebook kami akan menjelaskan cara menambahkan foto sampul facebook terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengetahui caranya, silahkan lewati bagian ini.

Login lah ke dalam akun facebook lalu bukalah Facebook Page Anda. Jika memiliki hak akses sebagai admin Anda akan melihat tombol bergambar kamera dengan tulisan Add a Cover di kiri atas pada bagian foto sampul facebook. Silahkan klik tombol tersebut, dan Anda akan diberikan pilihan untuk mengupload atau memilih dari foto yang sudah ada.

menambahkan foto sampul facebook

Setelah menambahkan sebuah foto, Anda bisa mengatur posisinya. Klik Save Changes jika sudah selesai. Selamat, sekarang Anda sudah mengetahui cara menambahkan foto sampul facebook. Jika masih kesulitas, silahkan baca halaman bantuan facebook ini.

Foto Sampul Facebook Seperti Apa yang Baik untuk Bisnis?

Sekedar menambahkan foto sampul facebook saja tentu perkara mudah. Namun pertanyaan sebenarnya adalah seperti apa gambar yang baik untuk dijadikan foto sampul? Berikut ini beberapa ciri foto sampul facebook yang baik untuk bisnis:

Menggunakan Dimensi yang Sesuai

Foto sampul facebook yang baik akan memiliki dimensi panjang dan lebar yang sesuai dengan ukuran dari tempat yang disediakan. Gambar di bawah ini menunjukkan ukuran foto untuk sampul facebook.

ukuran foto sampul facebook yang baik

Selain ukuran panjang dan lebar, kita juga perlu menyesuaikan bagian sampul yang tertutup oleh foto profil. Jangan menuliskan kalimat pada bagian yang tertutup foto profil tersebut karena akan sulit terbaca.

Hindari Direct Sale, Jangan Menambahkan Call-to-Action, Cukup Gambar Saja

Call-to-action memang wajib disertakan saat kita beriklan, namun tidak pada foto sampul facebook. Foto sampul facebook bukanlah banner iklan jadi jangan memberikan penawaran apapun di sana, cukup gambar saja. Foto sampul memberikan kesan pertama pengunjung terhadap bisnis Anda. Tentu Anda tidak ingin dianggap sebagai penyebar iklan oleh mereka kan? Mayoritas orang tidak menyukai iklan. Dan masih banyak ruang di facebook page yang bisa digunakan untuk memberikan penawaran. Jika ingin menambahkan tagline pastikan cukup beberapa kata saja. Hindari menambahkan  kalimat yang bersifat direct sale, apalagi penjelasan cara pemesanan produk Anda. Ingat, cukup gambar saja!

contoh 1: Foto Sampul Facebook Pizza Hut

Contoh 1: Foto Sampul Facebook Pizza Hut

Tampilkan Hasil Seperti Apa yang Akan Pelanggan Dapatkan

Pilih foto sampul facebook yang menunjukkan apa yang pelanggan Anda dapatkan. Misalnya Anda menjual produk sikat gigi, menampilkan foto seseorang yang tersenyum dengan gigi putih lebih daripada hanya menampilkan foto sikat giginya saja. Contoh lain bisa kita lihat pada halaman Ponds yang sering menampilkan sosok dengan wajah cerah dan bersih. Jika Anda menjual makanan, tampilkan foto salah satu makanan yang paling terlihat menggugah selera. Bagaimana dengan produk elektronik? Bisa digunakan foto satu produk yang menjadi andalan. Atau bisa juga dengan memasang gambar seseorang yang sedang bekerja dengan santai dengan laptopnya di taman. Tentu Anda perlu menyesuaikannya dengan bisnis Anda.

Contoh 2: Foto Sampul Facebook Ponds Men

Contoh 2: Foto Sampul Facebook Ponds Men

Sesuaikan dengan Foto Profil

Foto sampul facebook yang baik biasanya terlihat cocok dengan foto profil. Anda bisa menyesuaikannya dengan warna, tema, atau mungkin bagian yang saling melengkapi dan seolah menjadi satu. Sebaliknya hindari foto sampul yang “tidak nyambung” dengan foto profil.

Contoh 3: Foto Sampul Facebook Hunger Games

Contoh 3: Foto Sampul Facebook Hunger Games

Tambahkan Info Penting Terkait Bisnis Secukupnya

Beberapa info penting bisa Anda tambahkan pada foto sampul facebook. Namun tambahkan secukupnya saja. Bila Anda memiliki website, tak ada salahnya menambahkan URL web.  Atau bisa juga menginformasikan event tertentu yang sedang Anda lakukan. Bagi pemilik toko lokal yang melayani wilayah tertentu saja, menyertakan alamat toko Anda juga tidak masalah. Sekali lagi yang perlu diingat, tambahkan seperlunya saja. Semakin sedikit kalimat yang Anda tulis, relatif semakin baik.

Contoh 4: Foto Sampul Facebook Alibaba

Contoh 4: Foto Sampul Facebook Alibaba

Itulah tadi beberapa tips bagaimana cara memasang foto sampul facebook yang baik untuk keperluan bisnis. Jika mencari ide yang lain, cobalah untuk melihat halaman facebook yang sudah memiliki banyak like. Biasanya bisnis dengan halaman facebook yang sudah memiliki likes di atas 500.000 bisa dijadikan contoh yang baik. Selamat mencoba! Silahkan isi bagian komentar jika ingin berdiskusi lebih lanjut.

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang