Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page

Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page

Anda tentu sudah mengetahui bahwa facebook sangat efektif untuk membangun fan base. Hanya dengan membuat facebook page yang gratis Anda sudah bisa mengumpulkan pelanggan atau prospek di dalam satu tempat. Manfaat itulah yang menjadi alasan mengapa banyak bisnis menggunakan facebook. Membuat facebook page memang mudah dan kami yakin Anda pun sudah pernah melakukannya. Namun, satu hal yang perlu dilakukan sebelum membuat facebook page adalah memilih topik yang sesuai dengan target market kita. Tidak sedikit bisnis yang gagal memanfaatkan facebook dengan baik hanya karena salah memilih topik facebook page di awal. Pemilihan topik akan mempengaruhi perencanaan konten, dan konten akan berpengaruh terhadap loyalitas orang yang “ngelike” halaman facebook kita. Kali ini kami akan berbagi tips bagaimana memilih topik facebook page yang baik.

Sebelum memilih topik facebook page, kita perlu mengetahui tujuan bisnis terlebih dahulu. Tidak hanya sekedar menonjolkan brand atau logo, kita juga perlu memahami marketing goal yang ingin dicapai. Terdengar sederhana memang, namun demikian kenyataannya banyak bisnis kecil dan UKM yang kesulitan menjabarkan dengan jelas tujuan yang ingin dicapai melalui facebook. Anda bisa menemukannya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Seperti Apa Sifat Orang yang Ingin Anda Kumpulkan di Facebook Page?

Apakah mereka tipe orang yang menyukai warna tertentu, hobi membaca, kurang percaya diri, suka berbelanja atau mungkin pemarah. Mendeskripsikan sifat-sifat orang yang menjadi target market kita akan mempengaruhi bagaimana kita memperlakukan mereka nantinya. Misalnya, untuk orang yang hobi berbelanja tentu akan efektif jika kita memberikan voucher. Atau untuk orang yang kurang percaya diri, konten motivasi tentu akan mereka sukai. Tidak ada batasan berapa banyak sifat yang perlu kita jabarkan. Pastikan tidak terlalu umum.

Bagaimana Penampilan Mereka?

Gemuk atau kurus kah mereka? Laki-laki atau perempuan? Tua, Muda, atay Remaja? Apakah mereka suka memakai kaos dan celana cargo? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu terjawab. Terkadang kita bisa menebak sifat seseorang dari penampilan mereka.

Apa yang Sebetulnya Mereka Cari dari Facebook Page Kita?

Anda perlu memikirkan atau menebak apa yang sebenarnya mereka harapkan setelah bergabung ke dalam halaman facebook Anda. Apakah mereka sedang membutuhkan produk kita, atau sekedar iseng karena ikut-ikutan teman? Keduanya menentukan informasi apa yang kita sediakan.

Informasi Apa yang Bisa Membuat Mereka Tertarik?

Jika Anda sudah mengetahui bahwa audience yang ada memang sedang mencari produk Anda, tentu memberikan penawaran produk bisa langsung menghasilkan sales. Namun bagaimana jika mereka belum paham akan manfaat produk yang kita tawarkan? Tentu informasi yang kita sajikan akan berbeda.

Dalam Bentuk Apa Mereka Melihat Konten yang Kita Posting di Facebook?

Media apa yang akan Anda gunakan untuk menyajikan informasi-informasi tersebut? Apakah kita akan menggunakan gambar, video, atau link menuju website? Apakah cukup dengan tulisan saja? Berapa banyak kata yang sebaiknya kita tulis?

Berapa Banyak Uang yang Harus Mereka Keluarkan untuk Produk Anda?

Sebagian orang ada yang sangat sensitif terhadap harga, sebagian lagi tidak terlalu mempermasalahkannya. Jika Anda berhasil mengetahui berapa uang yang sebetulnya ingin mereka keluarkan untuk membeli produk Anda, tentu akan mempengaruhi strategi harga yang diterapkan.

Darimana Mereka Berasal?

Dimana mereka tinggal? Kemana saja biasanya mereka bepergian? Lokasi mempengaruhi ketertarikan seseorang terhadap konten yang kita sajikan di facebook page nantinya.

Apa yang Kompetitor Anda Sajikan di Facebook Page Mereka?

Jangan terlalu “alergi” terhadap kompetitor kita sampai tidak ingin nge-like facebook mereka. Sebaliknya, bergabung lah bersama mereka di facebook dan perhatikan konten yang mereka sajikan. Perhatikan juga respon audiences yang ada. Konten seperti apa yang paling banyak mendatangkan respon seperti like, share, ataupun komentar. Sebenarnya ini juga merupakan jalan pintas untuk memilih topik facebook page kita.

Apakah Kita bisa Menyajikan Konten yang Lebih Baik dari Kompetitor?

Jika sudah memahami bagaimana kompetitor mengelola halaman facebook mereka, maka jawablah apakah kita bisa lebih baik dari itu. Meniru saja tidak cukup, bisa jadi fans facebook Anda menganggap biasa saja. Anda perlu memikirkan konten yang lebih baik dari mereka.

Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu masih banyak lainnya yang bisa membantu kita menentukan topik facebook page. Namun dengan menjawab pertanyaan tersebut di atas, seharusnya sudah memudahkan kita mendapatkan gambaran target market dan kemudian menentukan topik facebook page. Selamat Mencoba!

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang