Tips Optimasi Gambar untuk Website

tips optimasi gambar untuk website atau blog

Penggunaan Gambar telah terbukti membuat orang lebih betah berada di website atau blog kita. Coba bayangkan saja jika halaman website kita hanya berisi teks sepanjang 1.000 kata tanpa gambar atau ilustrasi. Rasanya pengunjung pun sulit untuk tertarik membacanya, kecuali memang mereka sangat membutuhkan informasi di dalamnya. Menambahkan gambar ke dalam halaman website memang mudah, namun bila dilakukan asal-asalan hasilnya justru memperburuk website kita. Misalny website menjadi lemot karena gambar yang dimasukan terlalu besar, atau pengunjung yang lari karena gambar yang tidak nyambung dengan konten. Itulah sebabnya mengapa kita perlu melakukan optimasi gambar. Di sini kami akan memberikan tips bagaimana mengoptimasi gambar untuk website dan blog. Simak pembahasannya.

Pilih Gambar yang Relevan dengan Konten

Pertama dan yang paling utama, pilih lah gambar yang nyambung dengan konten website. Bila artikel blog kita bercerita tentang social media, tentu menambahkan gambar wallpaper mobil Lamborghini bukanlah ide yang baik. Pilih lah gambar yang sesuai dengan konten social media, misalnya gambar seseorang yang sedang membuka facebook dari laptopnya. Jangan juga menggunakan gambar hanya sekedar pemancing pengunjung. Misalnya menggunakan gambar potret wanita cantik padahal konten artikelnya membahas pembuatan website. Pemilihan gambar yang relevan adalah bagian terpenting dari optimasi gambar untuk website.

Sesuaikan Format dan Ukuran Gambar

Ada 3 format gambar yang cocok ditampilkan pada halaman website, yaitu .jpg, .png, dan .gif. Pilih lah gambar dengan 3 format tersebut. Anda tidak disarankan menggunakan gambar dengan format .bmp karena biasanya ukurannya yang besar. Sesuaikan juga ukuran gambar yang digunakan, baik ukuran file ataupun dimensinya. Jangan menggunakan gambar dengan ukuran lebih besar dari 500Kb. Untuk dimensi, sesuaikan dengan area konten website. Jika area konten website kita memiliki lebar 700px maka jangan memilih gambar yang dimensi lebarnya lebih dari itu. Bila mengharuskan menampilkan gambar yang besar gunakan link langsung ke gambar tersebut. Gambar dengan ukuran file yang terlalu besar akan mempengaruhi kecepatan website kita. Bila pengunjung membutuhkan waktu yang lama untuk membuka halaman website kita, bisa jadi mereka akan pergi tanpa sempat melihat kontennya.

Crop Gambar Bila Diperlukan

Terkadang kita perlu membuang suatu bagian gambar untuk membuatnya terlihat lebih baik. Lakukan cropping pada gambar bila memang itu diperlukan. Alasan lain melakukan crop pada gambar adalah untuk mendapatkan ukuran gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya tinggi gambar yang kita inginkan adalah 350px sedangkan gambar yang tersedia sekarang memiliki tinggi 500px. Untuk kasus tersebut, biasanya melakukan cropping akan mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan hanya meresize gambar.

Jangan Menambahkan Terlalu Banyak Gambar

Tips optimasi gambar yang terakhir adalah gunakan gambar dalam jumlah seperlunya. Menambahkan gambar terlalu banyak bisa mengurangi kecepatan website kita. Jika artikel yang kita tulis bukan berupa tutorial sebaiknya batasi penggunaan gambar 1 sampai 3 buah saja. Jika ingin menampilkan banyak gambar sebaiknya buat halaman galeri yang terpisah. Bila terpaksa menyajikan banyak gambar, misalnya artikel tutorial, perhatikan lah ukuran tiap gambar tersebut. Compress gambar bila itu memang diperlukan.

Selamat mencoba 4 tips optimasi gambar untuk website tersebut!

 

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang