Tren Digital Marketing dan Social Media 2014

Digital Marketing & Social Media 2014

Digital Marketing & Social Media 2014

Dunia Digital Marketing dan Social Media pada tahun 2014 akan semakin menarik, terutama bagi para pemilik bisnis. Dengan memanfaatkan digital marketing, bisnis pribadi dapat bersaing di arena yang sama dengan perusahaan-perusahaan besar. Pada artikel ini akan dijelaskan 11 poin mengenai digital marketing dan social media yang diprediksi akan menjadi tren di 2014, dan apa yang harus Sobat Digital lakukan untuk mempersiapkan diri.

1. Mobile akan Semakin Merajalela

Setiap website perlu dioptimisasi agar dapat dibuka pada perangkat mobile. Website harus memiliki desain yang responsif dan pemilik website harus memikirkan bagaimana pelanggan dapat berinteraksi bisnis lewat perangkat mobile. Sebagai pemilik bisnis, Sobat Digital sebaiknya mulai beralih ke mobile site dan mulai memikirkan cara agar bisnis dapat menjangkau pengguna perangkat mobile. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan aplikasi, SMS, atau mendesain email sehingga dapat dibuka pada perangkat mobile.

2. Pemasaran pada Situs/Komunitas yang Eksklusif dan Spesifik (Niche) akan Menjadi Lebih Efektif

Melihat kecenderungan semakin sulitnya mentargetkan pengguna Facebook, Twitter, dan Google Plus secara organic, situs/komunitas yang ekslusif dan spesifik akan lebih berguna dalam mempengaruhi calon pelanggan. Selain situs-situs tersebut telah terkelompokkan dengan spesifik, situs itu juga umumnya menyediakan wadah pemasaran yang lebih terjangkau.

3. Blogging akan Tetap Menjadi Cara No 1 untuk Menghasilkan Pelanggan Baru

Membuat content yang bagus secara rutin dan mendorong traffic ke situs utama akan tetap menjadi cara yang jitu untuk menghasilkan pelanggan baru. Bagi Sobat Digital yang belum memiliki blog, sekarang saatnya untuk memulai.

4. Content Sampah (Spam) akan Dihapuskan

Google telah melakukan pembenahan spam, dan Facebook-pun sedang melakukannya. Content Sampah tidak akan menghasilkan apa-apa dan situs-situs yang memilikinya sedang dan akan dihapuskan. Mari mulai membuat content yang bernilai dan berarti untuk pelanggan.

5. Google Plus akan Berkembang Pesat

Melihat adanya keunggulan di mesin pencari Google dan jumlah pengguna yang semakin meningkat, ada kecenderungan akan terjadi perpindahan pengguna dari Facebook ke G+. Bersiap-siaplah membenahi Google Plus bisnis Anda. Google Plus juga akan meluncurkan promoted post (+Post ads) yang dapat membuat content Sobat Digital dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.

6. Content yang Disesuaikan akan Meningkatkan Penjualan

Pelanggan mencari produk yang sesuai dengan keadaan mereka. Content yang disesuaikan dengan kecenderungan dan perilaku mereka (customized content) akan membantu meningkatkan kemungkinan terjadinya transaksi pembelian.

7. Duta Produk (Ambassador) dan Influencer akan Semakin Berpengaruh

Metode marketing dengan influencer dan word-of-mouth akan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menggaet calon pelanggan. Jika pelanggan Sobat Digital menyebarkan berita tentang bisnis Anda, ada kemungkinan besar informasi bisnis tersebut sampai ke publik yang baru yang akan menjadi calon pelanggan.

8. Popularitas Situs berbasis Gambar akan Terus Meningkat

Instagram, Pinterest, dan mungkin banyak lagi situs baru di 2014 yang akan berlandaskan content gambar. Content teks masih diperlukan, tapi Sobat Digital perlu memikirkan cara untuk menyisipkan gambar yang mendukung content tertulis.

9. Penggunaan Video akan Meningkat

Pada tahun 2014 ini, besar kemungkinan publik akan banyak terekspos dengan video, baik video informasi atau iklan. Sobat Digital dapat mempertimbangkan penggunaan video sebagai media untuk berhubungan dengan pelanggan, misalnya dengan menyediakan fitur pelayanan service pelanggan dengan video. Banyak dari pelanggan juga akan mengakses video melalui perangkat mobile (cek poin 1).

10. Sharing Content Semakin Banyak Dilakukan

Fitur sharing (berbagi) melalui social media akan menjadi lebih populer dan semua orang akan melakukannya. Informasi bisnis akan mudah menyebar, namun ada pula tantangan yang perlu diatasi. Pelaku bisnis harus mampu menyediakan content yang tepat dan relevan bagi calon pelanggan. Fitur berbagi informasi ini juga akan membantu posisi bisnis Anda di hasil situs pencarian.

11. Pemasaran dengan Content Informasi yang Berguna

Pemasaran (marketing) tidak lagi berfokus untuk menonjolkan diri atau brand. Kini yang penting adalah bagaimana Sobat Digital dapat memberikan/menambahkan nilai guna bagi pelanggan. Pelanggan memerlukan content yang berguna untuk membuat mereka tetap tertarik, baik itu melalui blog, video, atau email.

Hal yang perlu Sobat Digital perhatikan, faktor yang menentukan kesuksesan suatu bisnis dalam menggunakan digital marketing adalah cara bisnis tersebut berkomunikasi kepada pelanggannya, cara bisnis tersebut memanfaatkan jaringan yang dimiliki, dan cara bisnis tersebut berbagi content (materi, bahan) yang baik.

2014 adalah tahun baru yang menarik. Pastikan Sobat Digital tetap mengikuti tren untuk membuat bisnis Anda menjadi yang terdepan. Jika perlu bantuan dalam merancang dan melaksanakan digital marketing, silahkan hubungi idKeyword!

Sumber

Mau Tips Keren Lain Seperti Tulisan Ini?
Daftarkan Email Anda Sekarang!

mengoptimasi kampanye adwords
4 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengoptimasi Kampanye AdWords Kita
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Belajar AdWords Gratis dengan Email Course
Menggunakan AdWords dengan Laptop
Mengapa Banyak Bisnis Berkembang Setelah Menggunakan AdWords?
Cara Melihat Quality Score
Bagaimana Cara Melihat Quality Score?
Link Building On-page SEO
Kriteria Backlink yang Berkualitas
6 Kriteria Backlink Berkualitas untuk SEO
4 Aturan Link Building untuk SEO
4 Aturan Dasar Link Building untuk SEO
contoh kualitas pada Link Building
Mengenal Apa Itu Link Building?
Contoh 2: Foto Sampul Facebook Hunger Games
Tips Memasang Foto Sampul Facebook untuk Bisnis
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Tutorial Cara Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Orang Sedang Bingung Memilih Topik Facebook Page
Tips Menentukan Target Market dan Topik Facebook Page
Tutorial Membuat Facebook Page untuk Bisnis
Inilah Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Menggunakan Facebook!
Laptop dan Website idKeyword
Contoh Deskripsi Produk yang Baik dan yang Buruk
Alasan Mengapa Blog Gagal Mengembangkan Bisnis
5 Alasan Mengapa Blog Gagal untuk Mengembangkan Bisnis
3 hal yang perlu dilakukan setelah membuat website
3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Website
Memahami istilah umum Google Analytics
Memahami Istilah Umum pada Google Analytics

Suka Dengan Artikel idKeyword?

Jangan Ketinggalan Updatenya! Daftarkan Email Anda Sekarang